Loading...
Rabu, 08 Mei 2013

Migrasi Global Masa Lalu



Fenomena migrasi global sebenarnya sudah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu. Sejak spesies manusia mulai berkembang di muka bumi, migrasi untuk berpindah-pindah sudah dilakukan oleh para nenek moyang kita. Bahkan, ilmuwan arkeolog dan sejarawan pun sudah membuktikan bahwa gaya hidup sebagian besar nenek moyang kita adalah nomaden atau berpindah-pindah. Ini membuktikan bahwa tradisi bermigrasi memang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.
Migrasi Zaman Modern
Pada era modern, migrasi sudah dimulai oleh bangsa eropa dan afrika. Ditemukannya benua baru di bagian barat bumi juga turut menjadi faktor terjadinya migrasi global pada saat itu. jutaan penduduk eropa dan afrika berbondong-bondong bermigrasi ke Amerika dan berharap akan mampu memulai kehidupan baru yang labih baik. Fenomenamigrasi global seperti ini memang sudah wajar terjadi dan akan bermanfaat untuk meningkatkan taraf ekonomi seseorang sekaligus juga meratakan jumlah penduduk dari seluruh dunia.
Dampak Migrasi bagi Penduduk Dunia
Jika dilihat dari segi dampak fenomena migrasi global bagi penduduk dunia, akan ada banyak sekali dampak yang timbul. Ada dampak negatif dan tentu saja ada dampak positif. Dampak positifnya adalah peningkatan taraf ekonomi seseorang yang sudah melakukan migrasi dan berhasil meningkatkan taraf hidup mereka. Sementara itu, dampak negatifnya adalah timbulnya ketidakadilan suatu negara dalam memperlakukan penduduk imigran diengaranya. Negara tujuan migrasi masih mengutamakan warga negara asli dari pada penduduk pendatang.

1 komentar:

  1. fenomena migrasi global memang melanda masyarakat global secara menyeluruh...

    BalasHapus

 
TOP